Desaign for Evironment
Definisi DFE
Desain untuk Lingkungan (DFE) adalah metode untuk meminimalkan atau menghilangkan dampak lingkungan dari suatu produk selama siklus hidupnya.Praktek DFE yang efektif menjaga atau memperbaiki kualitas dan biaya produk sambil mengurangi dampak lingkungan.DFE memperluas fokus produsen tradisional pada produksi dan distribusi produknya ke siklus hidup tertutup.
Green Desaign
Nama : Fakhri Almi
Dosen : Bpk. Abdul Malik Firdaus
Referensi : 1. https://www.seagate.com/id/id/global-citizenship/life-cycle-assessment/
2. https://id.wikipedia.org/wiki/Siklus_produk
3. PPT Desaign for Environment by Bpk.Abdul malik
Desain untuk Lingkungan (DFE) adalah metode untuk meminimalkan atau menghilangkan dampak lingkungan dari suatu produk selama siklus hidupnya.Praktek DFE yang efektif menjaga atau memperbaiki kualitas dan biaya produk sambil mengurangi dampak lingkungan.DFE memperluas fokus produsen tradisional pada produksi dan distribusi produknya ke siklus hidup tertutup.
Green Desaign
- Pengambilan keputusan selama proses perancangan sangat penting untuk pencapaian tujuan lingkungan. Diperkirakan bahwa 70% atau lebih dari biaya siklus hidup produk tipikal ditentukan selama perancangan (USNRC, 1991)
- Dirancang rumit dan premium dalam pengambilan keputusan yang cepat.
- Menilai dampak lingkungan memerlukan analisis efek hilir selama produksi, operasi dan pembuangan.
sebagai alat pengelolaan untuk menilai dan mengukur total dampak lingkungan oleh produk dan pengemasannya selama seluruh siklus hidup bahan, proses, produk, teknologi, layanan, atau aktivitas tertentu. Seagate telah bermitra dengan WSP Environment & Energy, sebuah perusahaan konsultasi independen, untuk melakukan LCA pada setiap jenis produk intinya. Studi telah diselesaikan sesuai dengan Kerangka Kerja dan Pedoman untuk Analisis Siklus Hidup (LCA) ISO 14040
B. Product Life Cycle
Siklus suatu produk/ organisasi dengan tahapan-tahapan proses perjalanan hidupnya mulai dari peluncuran awal (soft launching), peluncuran resmi (grand launching), perubahan dari target awal, lalu mulai berjuang dan berkompetisi dengan produk-produk yang sejenis, hingga melewati persaingan dan kompetisi produk memiliki tingkat penerimaan/ penjualan/ distribusi yang luas dan tersebar.
Lima Tahapan Siklus Produk
- Pembentukan Produk. Sebuah produk mulai direncanakan mulai dari sebuah ide. Kemudian produk mulai dibuat dan diciptakan dalam bentuk nyata.
- Perkenalan Produk. Tahap kedua adalah perkenalan produk dengan cara mulai melakukan pemasaran ke target pasar yang dituju.
- Pertumbuhan Produk. Dalam tahap ini, terjadi peningkatan penjualan. Umumnya dalam tahap ini terdapat kompetitor yang mulai memasuki pasar.
- Pematangan Produk. Produk yang berhasil sukses diterima oleh pasaran, akan bertahan dalam fase ini. Namun, seorang manajer produk harus selalu melakukan inovasi untuk mempertahankan penjualan dan eksistensi produk.
- Penurunan Produk. Dalam tahap ini, terjadi penurunan angka penjualan. Hal ini dapat disebabkan oleh produk yang kalah bersaing dengan kompetitor.
Kejenuhan Siklus Hidup Produk
- Kejenuhan eksternal: konsumen jenuh dan konsumen bosan karena produknya itu-itu saja.
- Kejenuhan internal: pegawai mulai dari top level hingga pegawai jenuh dan tidak memiliki kemauan/ kemampuan untuk berinovasi.
C. Proses Pengembangan Produk
Dosen : Bpk. Abdul Malik Firdaus
Referensi : 1. https://www.seagate.com/id/id/global-citizenship/life-cycle-assessment/
2. https://id.wikipedia.org/wiki/Siklus_produk
3. PPT Desaign for Environment by Bpk.Abdul malik
Komentar
Posting Komentar